PERAN REHABILITASI PSIKOSOSIAL SEBAGAI UPAYA MENCAPAI KEMANDIRIAN BAGI PASIEN ODGJ; DIREKTUR DAMPINGI PASIEN PANEN HASIL KEBUN;

Sebagian besar masyarakat Indonesia masih belum menyadari bahwa kesehatan jiwa merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Pasien gangguan jiwa tersebut memerlukan pelayanan rehabilitasi psikososial agar dapat meningkatkan kemandirian pasien ketika nantinya kembali ke keluarga dan lingkungannya.

Salah satu kegiatan di Instalasi Rehabilitasi Psikososial RSJ Mutiara Sukma adalah melatih para pasien ODGJ bercocok tanam, dari menanam sayuran sampai memanen, seperti halnya kegiatan memanen yang dilakukan pada Senin (07/06/2021) ini, Direktur RSJ Mutiara Sukma, Dr. Evi Kustini Somawijaya MM berkesempatan mendampingi pasien ODGJ memanen sayur di halaman Instalasi Rehabilitasi Psikososial yang dimanfaatkan untuk berkebun dan bercocok tanam. Nantinya pasien ODGJ didampingi oleh petugas Instalasi Rehabilitasi Psikososial akan menjual hasil panen tersebut kepada karyawan dan pengunjung di dalam area RSJ Mutiara Sukma.

Kegiatan tesebut merupakan salah satu tindakan atau cara yang dilakukan kepada pasien ODGJ agar dapat memperoleh kembali fungsi dan penyesuaian diri mereka secara maksimal. (HUMAS RSJMS)