PENTINGNYA PERSIAPAN AWAL SEBELUM CEK LABORATORIUM

Manfaat hasil pemeriksaan laboratorium sebagai salah satu faktor pendukung atau penunjang penegakan diagnosa oleh seorang dokter sangat dirasakan oleh tenaga kesehatan dan masyarakat saat ini. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu disiapkan oleh calon pemeriksa / pasien dan petugas laboratorium untuk mendapatkan hasil yang benar. 

Agenda rutin penyuluhan oleh Instalasi PKRS kali ini bekerjasama dengan Instalasi Laboratorium RSJMS, Senin (14/06/2022). Narasumber pada penyuluhan kali ini adalah dr. Dardin, Sp.PK (Kepala Instalasi Laboratorium RSJMS) didampingi oleh Pranata Laboratorium RSJMS, I Komang Sudarsana, S.Si. Cakupan jumlah peserta dalam penyuluhan ini yaitu 83 orang terdiri dari pengunjung, pasien dan keluarga.

Tema penyuluhan tersebut adalah Pra Analitik Pemeriksaan Laboratorium. Tahap pra analitik merupakan tahap persiapan awal, dimana tahap ini sangat menentukan kualitas sampel yang nantinya akan dihasilkan dan mempengaruhi proses kerja berikutnya. Yang termasuk dalam tahap pra analitik meliputi kondisi pasien, cara dan waktu pengambilan sampel, perlakuan terhadap proses persiapan sampel sampai sampel selesai dikerjakan. 

Kondisi pasien yang meliputi riwayat penyakit yang diderita, penyakit turunan atau kelainan bawaan, berat badan, tinggi badan, kondisi pasien sedang fit atau tidak, aktivitas fisik pasien, asupan makanan dan obat-obatan yang sedang dikonsumsi serta gaya hidup pasien akan sangat berpengaruh pada hasil pemeriksaan yang dilakukan. Kejujuran pasien akan hal yang dialami dan kelengkapan data sangat dibutuhkan sebagai bahan pertimbangan penegakan diagnosa berdasarkan hasil laboratorium tersebut.