Surabaya – Manajer Pelayanan Pasien (MPP) bertanggung jawab untuk memastikan pasien menerima perawatan dan layanan yang berkualitas selama berada di rumah sakit. Peran ini berfokus pada pengelolaan dan peningkatan kualitas interaksi pasien dengan fasilitas kesehatan, mulai dari pendaftaran, konsultasi medis, hingga layanan pendukung lainnya, seperti layanan administrasi dan pembayaran. Fokus utamanya adalah kenyamanan dan kepuasan pasien.
Mengingat fokus utama dan untuk meningkatkan kualitas layanan serta belajar dari praktik terbaik, MPP RSJ Mutiara Sukma bersama Supervisor Keperawatan RSJMS melakukan kaji banding ke RSJ Menur Surabaya, Kamis (24/10/2024). Rombongan dari RSJ Mutiara Sukma ini dipimpin oleh Kepala Seksi Pelayanan Medik dr. Dewa Ayu Nyoman Katarina.
Tim dari RSJ Mutiara Sukma diterima langsung oleh Direktur RSJ Menur Surabaya drg. Fitria Dewi, M.Si didampingi Wadir Penunjang & Diklat Litbang dan Wadir Pelayanan Medik & Keperawatan.
Dalam kaji banding tersebut banyak hal didapatkan oleh Tim dari RSJMS yaitu bagaimana menekan kasus readmisi, penanganan gelandangan psikotik, pencegahan LOS panjang, koordinasi lintas sektor untuk memudahkan rumah sakit menghubungi keluarga dan membangun sistem guna memudahkan pasien melakukan kontrol rutin ke RSJ.
Bagaimana sistem yang dibangun dan pengelolaan SDM serta koordinasi antar PPA yang diterapkan oleh RSJ Menur untuk penanganan permasalahan yang banyak dihadapi oleh rumah sakit jiwa, menjadi pelajaran berharga yang dapat di adopsi oleh RSJ Mutiara Sukma melalui MPP dan Supervisor Keperawatan. Pengalaman terbaik tersebut untuk peningkatan kualitas layanan sehingga kenyamanan dan kepuasan pasien dapat tercapai.