PUNCAK ACARA PERINGATAN HARI KESEHATAN JIWA SEDUNIA TAHUN 2020 SECARA NASIONAL

Mataram. Tanggal 10 Oktober, setiap tahunnya dunia memperingati Hari Kesehatan Jiwa. Hal tersebut bertujuan untuk menghormati hak-hak Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), memperluas program pencegahan masalah kesehatan jiwa antara penduduk rentan, memperluas pelayanan yang memadai dan mendekatkan akses bagi mereka yang membutuhkan, serta meningkatkan upaya kesehatan jiwa secara optimal.

Tema yang ditetapkan oleh Federasi Dunia untuk Kesehatan Jiwa (WPMH) pada tahun ini adalah Mental Health for All, Greater Invesment-Greater Acces. Everyone Everywhere dengan Tema Nasional kita adalah “Sehat Jiwa di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi COVID-19 Menuju SDM Unggul, Indonesia Maju”

Sabtu, 10 Oktober 2020 Puncak acara Hari Kesehatan Jiwa Sedunia secara Nasional diselenggarakan di Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum Kalimantan Selatan, Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma yang setiap tahunnya selalu hadir pada Puncak Acara Peringatan HKJS untuk kali ini karena masa Pandemi Covid-19 tidak bisa hadir secara langsung di RSJ Sambang Lihum tetapi melalui daring. Direktur RSJ Mutiara Sukma yang hadir via daring pada acara puncak peringatan HKJS tersebut didampingi oleh seluruh pejabat struktural, Seluruh Ketua Komite dan seluruh Koordinator KSM yang berada di RSJ Mutiara Sukma.

Tampak di layar ditayangkan Ucapan Selamat HKJS Tahun 2020 dari Direktur RSJ Mutiara Sukma, Dr. Evi Kustini Somawijaya “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya Dr. Evi Kustini Somawijaya, MM. Direktur Rumah Sakit Jiwa mutiara Sukma Provinsi Nusa Tenggara Barat Mengucapkan : “Selamat Hari Kesehatan Jiwa Sedunia Tahun 2020, Dengan Tema : Mental Health For All, Reater Invesment,  Greater Acces. Everyone  Everywhere  (Kesehatan Jiwa Untuk Semua,  Informasi Lebih Besar Dan Akses Lebih Luas  Untuk Semua, Dimana Saja, Dan  Tema Nasional Kita Tahun Ini Adalah Sehat Jiwa Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi Covid-19  Menuju Sdm Unggul, Indonesia Maju. “TIDAK ADA KESEHATAN TANPA KESEHATAN JIWA” Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh. SALAM SEHAT JIWA. “ ucap Dr. Evi memberikan ucapan Peringatan HKJS Tahun 2020.

Pada Puncak Acara Peringatan HKJS di RSJ Sambang Lihum itupun dibacakan pengumuman pemenang beberapa lomba yag telah diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan RI dalam rangka Peringatan HKJS Tahun 2020 tersebut. Salah satunya adalah pengumuman pemenang lomba video Pendek dimana RSJ Mutiara Sukma Kembali mendapatkan Juara 2 Tingkat Nasional pada kategori Layanan Kesehatan Jiwa Masyarakat (Keswamas) Terbaik Se Indonesia, Video yang berdurasi 4 Menit yang berjudul "Continuity of Care From Hospital to Community" ini menggambarkan layanan kesehatan jiwa di RSJ Mutiara Sukma berhasil menyingkirkan puluhan rumah sakit jiwa di seluruh Indonesia.

Peringatan HKJS merupakan momentum kampanye masif dalam upaya pencegahan dan penanggulangan masalah Kesehatan Jiwa diseluruh pelosok tanah air yang bertujuan untuk meningkatkan komitmen dan kepedulian seluruh komponen masyarakat dalam rangka mewujudkan Masyarakat Indonesia Sehat Jiwa. Kementerian Kesehatan memiliki peran penting dalam upaya pencegahan dan pengendalian masalah kesehatan jiwa, melalui rangkaian acara peringatan HKJS diharapkan bisa memberikan informasi yang tepat bagi masyarakat terhadap berbagai regulasi dan perkembangan terkini dalam upaya peningkatan Kesehatan Jiwa.

Peringatan HKJS di Provinsi Nusa Tenggara Baratpun dilakukan oleh RSJ Mutiara Sukma dengan melakukan kampanye melalui RRI Pro 2, TVRI dan melalui Kegiatan Bincang Jiwa yang disiarkan Live di FB PPID Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma. Beberapa Kegiatan dalam rangka Peringatan HKJS Tahun 2020 juga dilakukan oleh Panitia Peringatan Hari Besar RSJ Mutiara Sukma yang taun ini diketuai oleh Dr. H. I Putu Diatmika, M.Biomed., Sp.KJ adalah Deteksi Dini Kesehatan Jiwa yang akan dilakukan di beberapa perkantoran serta SeminarKesehatan Jiwa dengan tema “ Pernikahan dan Problematikanya”. Untuk kegiatan puncak HKJS Tahun 2020 di Provinsi Nusa Tenggara Barat akan diselenggarakan pada Hari Jum’at tanggal 18 Oktober 2020 di RSJ Mutiara Sukma dengan tetap menerapkan Prtokol Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19. (HUMAS RSJMS)