Tupoksi Direktur

Berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 53 Tahun 2019 tentang Pembentukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma Provinsi Nusa Tenggara Barat, Tugas dan Fungsi direktur RSJ Mutiara Sukma adalah sebagai berikut

 

RINGKASAN TUGAS

Memimpin, mengatur, membina, menyusun kebijakan, mengkoordinir, mengawasi dan mengendalikan tugas RSJ Mutiara Sukma sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

RINCIAN TUGAS

  1. menetapkan kebijakan operasional RSJ Mutiara Sukma;

  2. menetapkan Keputusan Direktur tentang Peraturan Internal Staf Medis, Peraturan Internal Staf Keperawatan, Keputusan Direktur tentang Kebijakan, Pedoman, Panduan, dan Standar Prosedur Operasional (SPO) yang berlaku di RSJ Mutiara Sukma;

  3. mengangkat dan memberhentikan pegawai RSJ Mutiara Sukma yang berstatus non PNS;

  4. menetapkan hal-hal yang berkaitan dengan hak dan kewajiban pegawai serta pasien di RSJ Mutiara Sukma sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;

  5. memberikan penghargaan kepada pegawai, karyawan dan profesional yang berprestasi tanpa atau dengan sejumlah uang yang besarnya tidak melebihi ketentuan yang berlaku;

  6. memberikan sanksi yang bersifat pembinaan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;

  7. mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian pejabat pengelola di bawah Direktur kepada Gubernur;

  8. mendatangkan ahli, konsultan, atau lembaga independen manakala diperlukan;

  9. menetapkan organisasi pelaksana dan organisasi pendukung dengan uraian tugas masing-masing;

  10. menandatangani perjanjian dengan pihak lain untuk jenis perjanjian yang bersifat teknis operasional pelayanan;

  11. menyusun rencana kerja dan anggaran;

  12. menyusun dokumen pelaksanaan anggaran;

  13. menandatangani surat perintah membayar;

  14. mengelola utang dan piutang daerah yang menjadi tanggung jawabnya;

  15. menyusun dan menyampaikan laporan keuangan unit yang dipimpinnya;

  16. menetapkan pejabat pelaksana teknis kegiatan, pejabat pengelola barang dan pejabat penatausahaan keuangan; dan

  17. menetapkan pejabat lainnya dalam unit yang dipimpinnya dalam rangka pengelolaan keuangan daerah

  18. menetapkan dan menyelenggarakan seleksi penerimaan pegawai non ASN sesuai kebutuhan RSJ Mutiara Sukma

  19. merumusan dan penetapan program kerja dan rencana kegiatan RSJ Mutiara Sukma;

  20. menyelenggarakan pelayanan kuratif, rehabilitatif, promotif dan preventif kesehatan khusus jiwa sesuai dengan standar pelayanan rumah sakit;

  21. menyelenggarakan upaya pemeliharaan dan peningkatan kesehatan perorangan melalui pelayanan kesehatan yang paripurna;

  22. menyelenggarakan upaya pemeliharaan dan peningkatan kesehatan jiwa masyarakat;

  23. menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia dalam rangka peningkatan kemampuan dalam pemberian pelayanan kesehatan khusus jiwa;

  24. menyelenggarakan penelitian dan pengembangan serta penapisan teknologi bidang kesehatan khusus jiwa.

  25. menyelenggarakan koordinasi dan kerjasama dengan instansi pemerintah, swasta dan lembaga terkait lainnya di dalam dan luar negeri pada aspek kesehatan jiwa;

  26. menyelenggarakan pengelolaan, pembinaan dan pengendalian seluruh kegiatan Rumah Sakit Jiwa sesuai ketentuan peraturan perundang – undangan;

  27. menyelenggarakan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD) Rumah Sakit Jiwa

  28. menyelenggarakan penyampaian saran pertimbangan mengenai bidang kesehatan khusus jiwa sebagai bahan penetapan kebijakan Pemerintah Daerah;

  29. menyelenggarakan kepemimpinan, pembinaan dan pengendalian pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Rumah Sakit Jiwa sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;

  30. Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Daerah meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban keuangan serta penggunaan dan penatausahaan barang milik Daerah;

  31. melaksanakan belanja sesuai dokumen pelaksanaan anggaran sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan

  32. mengusulkan pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian pegawai aparatur sipil negara kepada pejabat yang berwenang sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku;

  33. menyelenggarakan pembinaan pegawai aparatur sipil negara dalam pelaksanaan tugas dan fungsi dalam jabatan sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku;

  34. pengelolaan dan pembinaan pegawai di lingkungan Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku;

  35. mendelegasikan sebagian kewenangan kepada pejabat pengelola di bawahnya;

  36. meminta pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dari semua pejabat pengelola di bawahnya; dan

  37. melaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

FUNGSI

  1. penetapan kebijakan usulan perencanaan, pelaksanaan evaluasi dan pelaporan kegiatan pelayanan dan pembangunan RSJ Mutiara Sukma;
  2. penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang pelayanan kesehatan perorangan tingkat lanjutan;

  3. penyelenggaraan pelayanan penunjang medik dan non medik;

  4. penyelenggaraan pendidikan dan penelitian tenaga kesehatan;

  5. penyelenggaraan administrasi umum, kepegawaian dan kerumahtanggan;

  6. penyelenggaraan administrasi perencanaan, keuangan dan asset;

  7. penyelenggaraan informasi dan teknologi rumah sakit;

  8. penyelenggaraan pelayanan rujukan khusus kesehatan jiwa;

  9. pembinaan dan pengawasan tugas di bagian tata usaha, bidang pelayanan medik, dan bidang penunjang medik; dan

  10. pengawasan, pengendalian kegiatan RSJ Mutiara Sukma Provinsi Nusa Tenggara Barat