Kepala Bidang Pelayanan

Berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 53 Tahun 2019 tentang Pembentukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma Provinsi Nusa Tenggara Barat, Tugas dan Fungsi Kepala Bidang Pelayanan RSJ Mutiara Sukma adalah sebagai berikut

RINGKASAN TUGAS

pengawasan, pengendalian, pengaturan, perumusan kebijakan dan koordinasi kegiatan lingkup bidang pelayanan yaitu pelayanan medik dan keperawatan, penyusunan kebutuhan pelayanan medik dan keperawatan, pengawasan dan pengendalian, penggunaan fasilitas pelayanan.

 

RINCIAN TUGAS

  1. menyelenggarakan pengkajian program kerja Bidang Pelayanan;

  2. menyelenggarakan pengkajian bahan kebijakan teknis, bahan koordinasi, bahan pembinaan, dan bahan pengendalian pelaksanaan urusan pemerintahan provinsi di bidang pelayanan yang meliputi pelayanan medik dan keperawatan;

  3. menyelenggarakan pelayanan dan administrasi bidang pelayanan yang meliputi pelayanan medik dan keperawatan;

  4. membantu Direktur menyelenggarakan kegiatan bidang pelayanan yang meliputi pelayanan medik dan keperawatan;

  5. membantu Direktur menyelenggarakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan bidang bidang pelayanan yang meliputi pelayanan medik dan keperawatan;

  6. membantu Direktur menyelenggarakan verifikasi dan mengkaji bahan rekomendasi terhadap permohonan bantuan keuangan dan bantuan hibah/bantuan sosial di bidang pelayanan yang meliputi pelayanan medik dan keperawatan;

  7. memimpin kegiatan pelayanan dan administrasi aspek medik dan keperawatan;

  8. menyelenggarakan pengaturan, pengendalian, membina dan pengkoordinasian pelaksanaan fungsi pelayanan yang meliputi pelayanan medik dan pelayanan keperawatan;

  9. menyelenggarakan pengkajian bahan kebijakan teknis lingkup pelayanan medik dan pelayanan keperawatan;

  10. menyelenggarakan pengelolaan fungsi pelayanan medik dan keperawatan;

  11. membantu Direktur menyelenggarakan koordinasi, pembinaan, pengawasan dan pengendalian tugas pokok dan fungsi Instalasi-Instalasi lingkup bidang pelayanan yang meliputi pelayanan medik dan keperawatan;

  12. menyelenggarakan penyusunan, perencanaan dan pengorganisasian standar pelayanan medis dan prosedur tetap sesuai dengan standar pelayanan minimal dari Kementerian Kesehatan;

  13. menyelenggarakan telaahan staf bidang pelayanan yang meliputi pelayanan medik dan keperawatan sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;

  14. menyelenggarakan pelaporan dan evaluasi kegiatan bidang pelayanan yang meliputi pelayanan medik dan keperawatan;

  15. melaksanakan penyusunan standar operasional prosedur penyelenggaraan bidang pelayanan;

  16. menyelenggarakan koordinasi dengan unit kerja terkait; dan

  17. melaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

FUNGSI

  1. Pengkoordinasian dan penyusunan bahan, rencana program dan petunjuk teknis pengelolaan lingkup tugas pokok Bidang Pelayanan yang meliputi pelayanan medik dan keperawatan;

  2. penyelenggaraan pelayanan medik dan pelayanan asuhan keperawatan;

  3. Pengelolaan lingkup tugas pokok Bidang Pelayanan yang meliputi pelayanan medik dan keperawatan;

  4. Pembinaan, pengendalian dan evaluasi terhadap pelaksanaan program lingkup tugas pokok Bidang Pelayanan yang meliputi pelayanan medik dan keperawatan;

  5. Pelaporan dan pengkajian hasil pelaksanaan lingkup tugas pokok Bidang Pelayanan yang meliputi pelayanan medik dan asuhan keperawatan.