Kepala Bagian Tata Usaha

Berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 53 Tahun 2019 tentang Pembentukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma Provinsi Nusa Tenggara Barat, Tugas dan Fungsi Kepala Bagian Tata Usaha RSJ Mutiara Sukma adalah sebagai berikut

RINGKASAN TUGAS

Pengawasan, pengendalian, pengaturan, perumusan kebijakan dan koordinasi kegiatan lingkup ketata usahaan meliputi administrasi umum dan kepegawaian, kerumahtanggaan dan perlengkapan serta perencanaan, keuangan dan aset.

RINCIAN TUGAS

  1. mengkoordinasikan penyusunan RBA;

  2. menyiapkan DPA RSJ Mutiara Sukma;

  3. melakukan pengelolaan pendapatan dan biaya;

  4. menyelenggarakan pengelolaan kas;

  5. melakukan pengelolaan utang piutang;

  6. menyusun kebijakan pengelolaan barang, aset tetap dan investasi;

  7. menyelenggarakan sistem informasi manajemen keuangan;

  8. menyelenggarakan akuntansi dan penyusunan laporan keuangan; dan

  9. menyusun dan menyelenggarakan program kerja ketatausahaan;

  10. membantu Direktur menyelenggarakan koordinasi penyusunan dan pengkajian bahan kebijakan teknis aspek ketatausahaan;

  11. menyelenggarakan pengkajian bahan perencanaan dan pengendalian program bagian tata usaha;

  12. menyelenggarakan pelayanan administrasi keuangan meliputi penatausahaan keuangan, serta pengelolaan sistem akuntansi, verifikasi dan pelaporan keuangan;

  13. menyelenggarakan perencanaan, penganggaran dan pelaporan RSJ Mutiara Sukma;

  14. menyelenggarakan pelayanan administrasi umum meliputi penatausahaan surat, kerumahtanggaan, perlengkapan, pengelolaan barang/aset serta pengelolaan kearsipan dan humas;

  15. melaksanakan pengelolaan Sistem Manajemen Informasi Rumah Sakit (SIMRS) dan Informasi Teknologi RSJ Mutara Sukma;

  16. menyelenggarakan koordinasi penyusunan bahan rancangan dan pendokumentasian peraturan perundang-undangan di lingkup RSJ Mutiara Sukma;

  17. membantu Direktur dalam menyelenggarakan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD) RSJ Mutiara Sukma;

  18. membantu Direktur melaksanakan koordinasi dan fasilitasi tindak lanjut Laporan Hasil Pemeriksaan lingkup RSJ Mutuara Sukma;

  19. membantu Direktur menyelenggarakan pembinaan administratif pejabat struktural dan fungsional lingkup Ketatausahaan;

  20. membantu Direktur menyelenggarakan pembinaan dan pengendalian tugas pokok dan fungsi Urusan dibawah ketatausahaan;

  21. menyelenggarakan koordinasi pengkajian bahan verifikasi, bahan rekomendasi dan pemantauan terhadap permohonan dan realisasi bantuan keuangan dan hibah/bantuan sosial;

  22. menyelenggarakan telaahan staf di lingkup ketatausahaan sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;

  23. menyelenggarakan pengendalian, evaluasi dan pelaporan kegiatan ketatausahaan;

  24. melaksanakan penyusunan standar operasional prosedur penyelenggaraan ketatausahaan;

  25. membantu direktur dalam pengusulan pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian pegawai aparatur sipil negara kepada pejabat yang berwenang sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku;

  26. membantu direktur dalam pembinaan pegawai aparatur sipil negara dalam pelaksanaan tugas dan fungsi dalam jabatan sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku;

  27. membantu direktur dalam pengelolaan dan pembinaan pegawai sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku;

  28. menyelenggarakan koordinasi dengan unit kerja terkait; dan

  29. melaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

FUNGSI

  1. Perumusan kebijakan, perencanaan dan pelaporan penyelenggaraan kegiatan ketatausahaan;

  2. Penyelenggaraan administrasi kepegawaian, kerumahtanggaan dan perlengkapan;

  3. Pelaksanaan administrasi Rumah Sakit;