Profil PPID

PROFIL PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI

RUMAH SAKIT JIWA MUTIARA SUKMA

   

Keberadaan Undang-undang tentang keterbukaan informasi publik sangat penting sebagai landasan hukum yang berkaitan dengan (1) hak setiap orang untuk memperoleh informasi (2) kewajiban badan publik menyediakan dan melayani permintaan informasi secara cepat, tepat dan sederhana (3) pengecualikan bersifat ketat dan terbatas (4) kewajiban badan publik untuk membenahi sistem dokumentasi dan pelayanan informasi.

Hak atas informasi menjadi sangat penting karena makin terbuka penyelenggaraan negara untuk diawasi oleh publik, penyelenggara negara makin dapat dipertanggungjawabkan. Hak setiap orang untuk memperoleh informasi juga relevan untuk meningkatkan kualitas pelibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan publik. Partisipasi dan pelibatan masayarakat tidak banyak berarti tanpa jaminan keterbukaan informasi.

Transparansi dan akuntabilitas badan publik membuka peluang partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Bagi badan publik keterbukaan informasi dapat menciptakan tata pemerintahan yang dan menjadi alat efektif dalam pencegahan Korupsi Kolusi Nepotisme (KKN).

Sesuai dengan amanat Undang-undang No. 14 Tahun 2008, Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma sebagai salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokuemntasi (PPID) dengan Surat Keputusan Direktur Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma Nomor : 188/1089/RSJP/2014. Dengan Terbentuknya PPID pemohon informasi sesuai dengan haknya dapat memperoleh layanan informasi publik yang dihasilkan oleh Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sikma

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokuementasi (PPID) Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma beralamat : Jalan Ahmad Yani No. 1 Selagalas Mataram Kode Post 83237 Telp. (0370) 672140 Fax. 671515 Email : rsjmutiarasukma@gmail.com. Website : rsjmutiarasukma.ntbprov.go.id.